Sejarah Colonia del Sacramento di Uruguay

Kali ini kita bahas Sejarah Colonia del Sacramento yaitu penjajahan negara Uruguay oleh negara eropa lain : Portugis.Jika kita membahas tentang sejarah penjajahan, maka perlu kita tahu bahwa penjajahan tidak hanya terjadi di Indonesia saja, namun berbagai negara di dunia juga pernah dijajah.

Tahukah bahwa tenyata sebagian besar penjajah yang berjaya dan menjajah di masa dulu adalah para orang dari negara Eropa. Seperti negara Indonesia kita ini yang pertama kali dijajah oleh orang Portugis, kemudian Spanyol, Inggris dan Belanda semuanya merupakan negara – negara dari Eropa. Negara – negara Eropa pada waktu itu memang berada pada puncak teknologi tercanggih pada waktu itu. Karena alasan mencari wilayah tinggal bagi keturunan mereka di masa mendatang, menjamin sumber penghasilan di masa mendatang, dan sebagai penyebar agama (missionaris), dan berbagai alasan lainnya lah negara – negara di Eropa mulai berlayar ke seluruh penjuru bumi ini dan mulai menjajah wilayah lain.

Fakta Colonia del sacramento

Seperti salah satu sejarah di negara Uruguay. Negara ini dulunya pernah dijajah oleh negara Eropa juga, yaitu Portugis. Portugis pernah menjajah negara Uruguay dalam waktu yang lama sekali seperti Belanda menjajah Indonesia. Masa penjajahan terkenal di sana adalah masa Colonia del Sacramento.

Colonia del sacramento sejarah

Colonia del Sacramento sendiri adalah sebuah pemukiman milik Portugis yang terletak di sisi Barat Daya negara Uruguay, di provinsi Rio de la Plata, berbatasan dengan Buenos Aires, Argentina. Pemukiman ini dibangun pada tahun 1680. Pemukiman ini hanya berbatasan sungai besar dengan negara Argentina. Di sisi lain sungai berdiri sebuah pemukiman milik negara Spanyol.

Perang Portugis dan Spanyol atas Colonia del Sacramento

Karena berbatasan dengan negara Argentina yang waktu itu dikuasai oleh Spanyol, maka Spanyol pun pernah menjajah dan menguasai pemukiman Colonia del Sacramento dibawah kendali Jose de Garro pada tahun 1680. Namun, pada tahun berikutnya pemukiman ini dikembalikan kepada Portugis kembali. Pada bulan Maret tahun 1705, Spanyol menguasai kembali Colonia del Sacramento setelah lima bulan dikepung. Namun akhirnya Colonia del Sacramento kembali ke Portugis melalui perjanjian  Utrecht. Tapi, pada tahun 1735 – 1737 seiring dengan peperangan Portugis dan Spanyol di Eropa, Spanyol juga ingin kembali menguasai pemukiman Colonia del Sacramento ini, namun akhirnya pun gagal kembali.

Colonia del sacramento Uruguay

Namun tidak berhenti sampai disitu saja. Perpindahan kekuasaan Colonia del Sacramento dari Portugal kembali ke Spanyol lagi pada tahun 1762 – 1763 melalui perjanjian Paris. Perjanjian itu dilakukan atas bantuan Perancis yang pasa saat itu memang bersekutu dengan Spanyol untuk melawan Inggris, pada pengepungan Gibraltar (Siege of Gibraltar). Namun langkah Portugis untuk mengembalikan miliknya itu tak berhenti sampai disitu. Peperangan terus berlangsung mulai dari tahun 1763 sampai tahun 1777 dengan perjanjian Ekspedisi Cevallos Kedua. Dan kekuasaan Colonia del Sacramento kembali ke Portugis. Dan pada tahun 1777 sampai pada tahun 1811 Spanyol berhasil mengambil alih kekuasaan pemukiman itu dengan melalui pertempuran yang dipimpin oleh José Gervasio Artigas.

 José Gervasio Artigas

Liga Federal Brazil 

Nasib Spanyol yang baru saja menguasai Colonia del Sacamento hanya berlangsung singkat sekali. Beberapa bulan kemudian, liga Federal Brazil mengambil alih Colonia del Sacramento dari tangan Spanyol. Portugis pada waktu itu pun tunduk pula pada invasi yang dilakukan oleh Brazil. Pada akhirnya, Colonia del Sacramento di transfer ke Brazil tahun 1817. Namun, Portugis berhasil mengambil alih lagi Colonia del Sacramento karena alasan Brazil yang wilayahnya melebihi batas perjanjian. Akhirnya Brazil merdeka dengan Colonia del Sacramento tidak masuk dalam wilayah mereka. Namun ketika seluruh Banda Oriental (Uruguay) ditangkap oleh pemerintah Inggris dari Portugal, Brasil dan Algarves dan berganti nama menjadi provinsi Cisplatina.

Colonial del Sacramento plaza-de-toros

Colonia des Sacramento merdeka

Sampai pada akhirnya, Uruguay memproklamasikan kemerdekaan mereka sendiri pada tahun 1828 dan memasukkan wilayah Colonia del Sacramento ke dalam wilayah mereka. Dan akhirnya, Colonia del Sacramento dinobatkan sebagai kota tertua yang ada di negara Uruguay. Badan milik Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) UNESCO yang merupakan badan yang menangani peninggalan – peninggalan sejarah, memasukkan Colonia del Sacramento sebagai situs budaya dan bersejarah.

Dan wilayah Colonia del Sacramento telah diperluas ke wilayah Utara dan Timur, dengan tetap memperhatikan literatur, dan desain bangunan.

Dari awal pendiriannya, Colonia del Sacramento memiliki populasi sebesar 8.021 jiwa pada tahun 1908. Dan sampai pada tahun 2011 sudah mencapai 26.231 jiwa tinggal disana.

Oke, itu tadi sedikit sejarah tentang suatu kota tertua Uruguay, yaitu Colonia del Sacramento. Memang keren bisa membahas sejarah sebuah kota atau tempat tersebut. Sekian, terima kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *